Rabu, 24 Desember 2008

Perlukan pengajaran di sekolah pake BAHASA INGGRIS

Bahasa Inggris bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia, terutama para pelajar dan mahasiswa. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional yang dipergunakan oleh hampir seluruh masyarakat dunia. Bahkan India sudah menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa sehari-hari mereka. Perlukah kita menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dalam pengajaran di sekolah-sekolah dan kampus-kampus, agar menjadi terbiasa untuk mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris??

English Language sudah menjadi bahasa yang dipergunakan di hampir belahan dunia sejak bertahun-tahun lamanya. Bahkan di negara kita sendiri, banyak iklan-iklan yang diterbitkan menggunakan bahasa Inggris sebagai "pemanis" iklan mereka. Kata pembuat iklan sih, biar keren man..

Memang sih kita juga harus menjaga bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional kita, dan juga turut melestarikan bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia supaya tidak hilang. Tapi hal itu tidak mengharuskan kita terbelenngu kan dan tidak mau belajar ataupun menggunakan bahasa lain. Di mana-mana kita melihat tulisan bahasa Inggris, bahkan ada juga buku-buku yang berisikan ilmu yang sangat berguna hanya ditulis dalam bahasa Inggris saja. Hanya karena tidak melek bahasa Inggris, jadi kita harus kehilangan peluang untuk mempelajari ilmu tersebut. Petunjuk-petunjuk dalam komputerpun masih menggunakan bahasa Inggris, jadi untuk mengertinya kita paling tidak tau artinya. So what are we waiting??

Untuk belajar bahasa Inggris sudah sangat mudah bagi kita. Lembaga-lembaga pendidikan bahasa Inggris sudah menjamur di berbagai kota di negara kita ini. Klo ngak punya dana, kita bisa belajar dengan teman kita bukan.. Klo mau cara yang asyik, kita bisa nonton film-film barat yang ada teks bahasa Indonesianya. Sambil menonton kita bisa belajar juga kan. Untuk para penggemar musik, jangan hanya dengar musik barat just listening. Klo memang bisa, coba untuk mencari tahu apa artinya dari teks-teks lagu tersebut. Kan enak kalo kita menyanyikan lagu yang kita mengerti apa yang dimaksudkan dalam lagu tersebut. Waktu yang diberikan oleh sekolah untuk mata pelajaran bahasa Inggris masih sangat kurang, hanya sekali seminggu, itupun yang diajarkan bersifat teoritis, tidak dalam prakteknya. Jadi untuk apa tau sentences tapi ndak pernah dipake, hanya ditulis saja dan menjadi hapalan agar nilainya tidak merah.. So what are we waiting for???

Memang keberadaan bahasa Inggris sekarang sudah agak tersaingi dengan bahasa mandarin, yang pemakainya menurut survei yang dilakukan oleh lembaga yang terpercaya (he..he..) melebihi bahasa-bahasa lain di dunia ini. Tapi itu kan dikarenakan karena rakyat Cina dan serumpunnya memang banyak. Jangan sampai karena tidak mengerti bahasa Inggris, kita dibodohi oleh orang lain. Jangan sampai pada era pasar global, yang sudah di pelupuk mata, kita menjadi penonton di negeri kita sendiri. So what are we waiting for????

MAJU INDONESIAKU..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar